Call nowWA Chat
//Memperbanyak tanaman puring dan cara merawatnya

Memperbanyak tanaman puring dan cara merawatnya

Memperbanyak tanaman puring dan cara perawatannya

Tanaman puring merupakan tanaman hias daun (jenis tanaman out door) yang sangat disukai oleh pecinta tanaman hias karena bentuk daun yang beraneka macam dan unik serta corak warna daun yang mempesona. Tanaman puring dapat dikembangbiakan melalui  biji, stek batang, cangkok, dan menyambung.

1.Perbanyak Dari Biji

Tanaman puring yang ditanam melalui biji bisa memang karena disengaja dengan tujuan disilangkan supaya menghasilkan hybrid tanaman puring jenis baru. Namun juga sering terjadi penyerbukan secara alami yang menjadi biji, biji yang dihasilkan tanpa disilangkan pun terkadang juga memiliki bentuk daun dan karakter yang berbeda dari induknya.

jenis tanaman puring dan harganya

biji puring

2.Stek Batang

Stek batang tanaman puring bisa dengan batang tua yang sudah besar dan berkayu maupun batang pucuk.  Batang tanaman puring yang sudah besar dan berkayu bisa langsung ditancapkan pada tanah dan ditaruh pada tempat yang teduh. Untuk stek batang pucuk bisa dengan ditancap pada tanah lalu disungkup supaya daunnya utuh,tidak rontok, dan tampil manarik.

contoh tanaman yg bisa di stek batang

stek tanaman puring

tanaman puring pendek

cara stek pucuk tanaman puring

3.Cangkok

Mencangkok tanaman puring bisa dibilang tidak terlalu lama untuk menunggu keluar akarnya serta tingkat keberhasilannya juga besar. Kita bisa memilih cabang mana yang tampilan daunnya menarik untuk dicangkok.

cangkok batang

mencangkok puring

4.Menyambung

Memperbanyak tanaman puring dengan cara seperti ini biasanya dilakukan dengan tujuan memperbanyak puring jenis tertentu yang bisa dikategorikan masih jarang dan langka. Teknik ini memanfaatkan puring jenis lokal yang sehat sebagai batang bawah dan disambung dengan jenis tertentu mengambil batang entres satu mata tunas.

tanaman yang bisa disambung

menyambung puring

Merawat tanaman puring

Tanaman ini sulit diduga, terkadang tanaman puring yang tumbuh subur tiba-tiba layu dan daunnya rontok. Hal tersebut biasanya disebabkan akar tanaman puring busuk karena jenuh air. Jika kita menemui kendala seperti itu salah satu solusi yang bisa kita terapkan yaitu dengan mencabutnya lalu akar kita cuci dan menanamnya kembali dengan media tanam yang baru lalu kita bungkus seluruh bagian tanaman dengan plastik transparan hingga kedap udara dan ditempatkan pada tempat yang teduh.

tanaman layu

cara mengatasi busuk akar

perawatan tanaman hias puring

pot bagi tanaman yang mudah busuk akar

ciri ciri tanaman puring

pertumbuhan tanaman puring

Untuk menghindari keadaan seperti itu disarankan pot yang kita gunakan untuk menanam tanaman puring berukuran ideal tidak terlalu besar, menyesuaikan besarnya tanaman dan memiliki banyak lubang agar media tanam tidak kelebihan air. Media tanam bisa menggunakan tanah dan sekam lebik baik jika ditambah sedikit furadan dan fungisida untuk menghindari jamur dan cacing pada media tanam.

By |2019-03-15T05:39:28+07:00March 14th, 2019|tanaman|0 Comments

About the Author:

Leave A Comment

1
Selamat datang di GudangBibitku.com,
Ada yang bisa kami bantu?
Powered by