Call nowWA Chat
/, tanaman/Peranan Penting Sektor Pertanian Terhadap Pendapatan Nasional

Peranan Penting Sektor Pertanian Terhadap Pendapatan Nasional

Peranan sektor pertanian terhadap pendapatan nasional sangatlah penting. Hal ini bisa dilihat dari upaya pemerintah terhadap swasembada pangan di Indonesia. Dengan adanya kecukupan pangan ini, maka kontribusinya bukan hanya pada pemenuhan pangan negeri. Namun ada manfaat lebih besar, yaitu meningkatkan pendapatan negara dengan komoditi berkualitas ekspor.

Peranan Sektor Pertanian Terhadap Pendapatan Nasional

peranan sektor pertanian

Pertanian merupakan sektor yang menyumbangkan peran penting bagi pendapatan nasional. Salah satunya ialah untuk mengurangi impor produk dari luar negeri. Dengan demikian, maka seuruh kebutuhan terutama pangan bisa dipenuhi oleh pertanian dalam negeri.

Selebihnya, produk dengan kualitas yang terbaik bisa jadi produk ekspor. Dengan cara ini maka pendapatan negara bisa bertambah. Selain itu, secara rinci, berikut ini ada beberapa peran penting dari pertanian terhadap pembangunan nasional :

  • Penyedia makanan dan bahan mentah => Dengan adanya pertanian, maka suatu negara bisa memenuhi kebutuhan pangan terutamauntuk sektor ekonomi non-pertanian. Maka, kemajuan suatu negara tak lepas dari peran serta industri yang satu ini.
  • Mampu menciptakan permintaan untuk barang-barang yang sektor non-pertanian => Hal ini dimungkinkan ketika orang-orang pedesaan memiliki kekuatan daya beli. Hasil ini diperoleh dengan menjual surplus komoditi yang dapat dipasarkan. Karena rakyat pedesaan bukan hanya menanam untuk menjadi bahan makanan sendiri, namun juga untuk dijual.
  • Sebagai investasi => Dengan menyediakan surplus komodoti pertanian, maka bisa diinvestasikan dalam bentuk simpanan. Bisa pula hasil surplus ini diinvestasikan di sektor non-pertanian,
  • Menghasilkan devisa bagi negara => Hasil surplus pertanian dalam negeri selanjutnya bisa menghasilkan devisa. Hal ini dimungkinkan dari kegiatan  ekspor produk pertanian.
  • Menyediakan lapangan kerja => Sektor pertanian mampu menyediakan lapangan kerja bagi sebagian besar tenaga kerja tidak terdidik. Faktanya, jika proses pembangunan ekonomi akan dimulai, maka harus dimulai dari sektor pertanian. Maka konstribusi bagi pembangunan bisa lebih besar lagi dengan pemerataan kesejahteraan dari rakyat pertanian.

Peran Sektor Pertanian dalam Pembangunan Ekonomi

peranan sektor pertanian

Pesan sektor pertanian adalah tulang punggung ekonomi bagi suatu negara, khususnya Indonesia. Sektor ini mampu menyediakan bahan dasar bagi keberlangsungan hidup manusia baik berupa pangan hingga bahan mentah untuk industrialisasi.

Oleh karena itu, peran pertanian untuk pengembangan ekonomi sangat penting. Hal ini bisa diihat dari beberapa poin berikut ini :

  • Berkontribusi terhadap Pendapatan Nasional => Kemakmuran pertanian sangat berkontribusi dalam mendorong kemajuan ekonomi. Fakta ini bisa dilihat dari keadaan negara-negara berkembang dimana pertanian masih mendominasi. Sebagian besar sektor pertanian berkontribusi pada pendapatan nasional.
  • Sumber pasokan pangan => Pertanian adalah sumber pasokan pangan semua negara di dunia. Jika pertanian gagal memenuhi permintaan maka bisa mempengaruhi tingkat pertumbuhan ekonomi. Oleh karena itu, peningkatan pasokan pangan oleh sektor pertanian sangat penting bagi pertumbuhan ekonomi suatu negara.
  • Penyediaan surplus pangan => Kemajuan dalam sektor pertanian bisa memberikan surplus untuk meningkatkan ekspor produk pertanian. Mengingat pendapatan dari devisa sangat penting, maka ekspansi besar-besaran produksi ekspor pertanian sering merupakan kebijakan rasional.
  • Pembangunan Infrastruktur => Pengembangan pertanian selalu membutuhkan infrastruktur memadai. Contohnya ialah jalan, gudang penyimpanan, transportasi kereta api, dan banyak lainnya. Hal ini bisa  menciptakan permintaan untuk produk industri dan pengembangan sektor komersial.
  • Meminimalkan masalah pertumbuhan modal asing => Perkembangan sektor pertanian telah meminimalkan beban negara untuk menghadapi kekurangan modal asing. Karena faktanya, sektor pertanian membutuhkan lebih sedikit modal untuk perkembangannya. Hal ini membuat  masalah pertumbuhan modal asing di suatu negara bisa diatasi.

Selain beberapa manfaat di atas, peran sektor pertanian juga berkontribusi dalam mengurangi ketimpangan pendapatan. Kenyatannya,  di sebuah negara dengan dominasi sektor pertanian akan ada ketimpangan pendapatan yang besar antara daerah pedesaan dan perkotaan. Maka, untuk mengurangi ketimpangan pendapatan ini, perlu untuk memberikan prioritas yang lebih tinggi untuk pertanian.

Kemakmuran pertanian akan meningkatkan pendapatan mayoritas penduduk pedesaan. Dengan demikian perbedaan pendapatan dapat dikurangi sampai batas tertentu. Inilah salah satu peran sektor pertanian terhadap pendapatan nasional.

https://www.youtube.com/watch?v=XDX484JsBCc


Gudang Bibitku
Jl. Raya Bangsongan, Bangsongan, Kayen Kidul,
Kediri Jawa timur 64183 Indonesia
sales@gudangbibitku.com
Phone: (+62) 82332224620
By |2018-12-19T22:07:49+07:00December 14th, 2018|blog, tanaman|0 Comments

About the Author:

Leave A Comment

1
Selamat datang di GudangBibitku.com,
Ada yang bisa kami bantu?
Powered by